Proposal: Pengertian, Jenis, Struktur, dan Contohnya

1.
Menurut Nurgiyantoro, cerpen bertujuan untuk:
a. Menyajikan cerita panjang
d. Menjelaskan fakta sejarah
b. Menghibur semata e.
Membangun karakter yang kompleks
c. Menceritakan peristiwa atau pengalaman
unik
2.
Struktur yang berfungsi sebagai penutup dan mengandung pesan akhir dalam cerpen
adalah:
a. Abstrak d.
Koda
b. Orientasi e.
Evaluasi
c. Komplikasi
3.
Tokoh utama dalam cerita yang menggambarkan pandangan atau sikap pengarang
disebut:
a. Alur d.
Tema
b. Latar e.
Tokoh
c. Sudut pandang
4.
Cerpen memiliki ciri khas, yaitu:
a. Berdurasi panjang d.
Mengandung satu konflik utama
b. Banyak tokoh e.
Menceritakan dua kisah secara bersamaan
c. Alur ganda
5.
Berikut yang merupakan jenis cerpen nonrealis adalah:
a. Cerpen Romantis d.
Cerpen Realis
b. Cerpen Petualangan e. Cerpen Biografi
c. Cerpen Fantasi
6.
Tema adalah:
a. Pesan moral d.
Latar belakang tempat
b. Ide pokok cerita e.
Komplikasi cerita
c. Penyelesaian masalah
7.
Sudut pandang yang mengisahkan cerita dari perspektif "aku" disebut:
a. Sudut pandang orang ketiga d.
Sudut pandang orang pertama
b. Sudut pandang omniscient e.
Sudut pandang objektif
c. Sudut pandang serba tahu
8.
Berikut adalah ciri khas cerpen, kecuali:
a. Memiliki satu alur d.
Dapat dibaca dalam satu kali duduk
b. Menampilkan banyak konflik e.
Menyajikan kesan tunggal
c. Singkat dan padat
9.
Dalam cerpen, konflik utama biasanya terdapat dalam bagian:
a. Abstrak d.
Evaluasi
b. Orientasi e.
Resolusi
c. Komplikasi
10.
Tokoh dan penokohan adalah:
a. Deskripsi latar d. Penyelesaian
cerita
b. Dialog antar tokoh e.
Teks naratif
c. Cara penggambaran karakter
11.
Gaya bahasa yang memperindah cerita dalam cerpen disebut:
a. Alur d.
Dialog
b. Latar e.
Kaidah kebahasaan
c. Tema
12.
Contoh cerpen yang mengangkat tema kesehatan adalah:
a. Cerpen Petualangan d.
Rokok di Ujung Buku
b. Cerpen Horor e.
Cerpen Fantasi
c. Cerpen Religius
13.
Unsur intrinsik cerpen yang menunjukkan tempat, waktu, dan suasana cerita
disebut:
a. Alur d.
Tokoh
b. Latar e.
Amanat
c. Tema
14.
Monolog yang digunakan untuk menyampaikan perasaan pribadi tanpa ada karakter
lain yang mendengar disebut:
a. Dialog d.
Dialog Monolog
b. Dramatic Monologue e.
Ekspresi Tunggal
c. Solilokui
15.
Dalam monolog, ketika karakter berbicara kepada audiens yang "tidak
terlihat" untuk menyampaikan pemikirannya, disebut:
a. Solilokui d.
Dialog internal
b. Ekspresi diri e.
Monolog tertutup
c. Dramatic Monologue
16.
Konflik dalam cerita biasanya mulai memuncak pada bagian:
a. Orientasi d.
Koda
b. Abstrak e.
Komplikasi
c. Evaluasi
17.
Unsur monolog yang mencerminkan perasaan dan emosi karakter secara mendalam
adalah:
a. Konflik d.
Resolusi
b. Narasi e.
Koda
c. Refleksi Psikologis
18.
Kaidah kebahasaan yang umum dalam cerpen antara lain, kecuali:
a. Kalimat Deskriptif d.
Gaya Bahasa
b. Pilihan Kata Dialog e.
Kalimat Naratif
c. Alur Naratif Panjang
19.
Jenis cerpen yang mengangkat kisah perjalanan atau pencarian disebut:
a. Cerpen Realis d.
Cerpen Fantasi
b. Cerpen Romantis e.
Cerpen Nonrealis
c. Cerpen Petualangan
20.
Menurut Jakob Sumardjo, unsur yang menggambarkan urutan peristiwa dalam cerita
adalah:
a. Latar d.
Tokoh
b. Alur e.
Amanat
c. Tema
21.
Kesan tunggal dalam cerpen bertujuan untuk:
a. Membingungkan pembaca d.
Menyampaikan banyak pesan sekaligus
b. Menggambarkan berbagai perspektif e.
Menyajikan kompleksitas cerita
c. Menciptakan dampak emosional
22.
“To be, or not to be” adalah contoh monolog dari karya:
a. Hamlet karya Shakespeare d.
Othello karya Shakespeare
b. Macbeth karya Shakespeare e.
Julius Caesar karya Shakespeare
c. Romeo dan Juliet karya Shakespeare
23.
Monolog yang berisi pemikiran karakter tanpa diucapkan disebut:
a. Dramatic Monologue d.
Solilokui
b. Dialog Internal e.
Monolog Eksternal
c. Ekspresi Diri
24.
Cerpen memiliki fungsi penting dalam pembelajaran karena:
a. Mengajarkan fakta sejarah d.
Mengajarkan bahasa asing
b. Menghibur semata e.
Meningkatkan daya ingat
c. Membantu mengembangkan imajinasi dan
empati
25.
Sudut pandang yang tidak melibatkan interaksi langsung dengan karakter lain
dalam monolog disebut:
a. Sudut pandang orang pertama d.
Sudut pandang objektif
b. Sudut pandang omniscient e.
Sudut pandang eksternal
c. Solilokui
26.
Dalam struktur cerpen, abstrak berfungsi untuk:
a. Menyelesaikan konflik d.
Menyampaikan amanat
b. Memberikan gambaran singkat cerita e.
Menyajikan latar belakang cerita
c. Menampilkan tokoh utama
27.
Robert Browning adalah sastrawan yang dikenal dengan konsep:
a. Monolog Internal d.
Monolog Personal
b. Dramatic Monologue e.
Dialog Epik
c. Solilokui
28.
Bagian dari cerpen yang menampilkan penyelesaian konflik adalah:
a. Abstrak d.
Komplikasi
b. Evaluasi e.
Koda
c. Resolusi
29.
Unsur cerpen yang memberikan pesan moral bagi pembaca disebut:
a. Latar d.
Konflik
b. Tokoh e.
Alur
c. Amanat
30.
Dalam kaidah kebahasaan, kalimat yang digunakan untuk menggambarkan suasana
disebut:
a. Kalimat naratif d.
Amanat
b. Pilihan kata deskriptif e.
Konflik
c. Dialog
31.
Konflik dalam cerpen sering kali memberikan pengaruh pada:
a. Latar belakang penulis d.
Judul cerita
b. Alur cerita e.
Penokohan sekunder
c. Sudut pandang pembaca
32.
Jenis monolog yang digunakan karakter untuk berbicara kepada dirinya sendiri
dalam refleksi pribadi disebut:
a. Dramatic Monologue d.
Ekspresi Psikologis
b. Internal Monologue e.
Narasi Latar
c. Solilokui
33.
Dalam cerpen, bagian yang memberikan latar belakang cerita serta memperkenalkan
tokoh utama disebut:
a. Koda d.
Evaluasi
b. Komplikasi e.
Resolusi
c. Orientasi
34.
Tokoh utama dalam cerpen “Rokok di Ujung Buku” adalah:
a. Budi d.
Edo
b. Rani e.
Dani
c. Aji
35.
Pada cerpen, bagian evaluasi berfungsi untuk:
a. Memperkenalkan konflik d.
Menilai konflik dan mencari solusi
b. Menyelesaikan konflik e.
Mengakhiri cerita
c. Memulai alur cerita
36.
Dalam cerpen, unsur yang menggambarkan kejadian dalam urutan waktu disebut:
a. Tema d.
Amanat
b. Sudut Pandang e. Latar
c. Alur
37.
Salah satu manfaat pembelajaran monolog bagi siswa adalah:
a. Meningkatkan daya ingat fakta sejarah d.
Meningkatkan pengetahuan biografi tokoh
b. Mengembangkan kemampuan analisis narasi
e. Menghafal
struktur cerpen
c. Memahami bahasa asing
38.
Dalam kaidah kebahasaan cerpen, penggunaan dialog bertujuan untuk:
a. Menambah alur cerita d.
Menambah latar belakang tokoh
b. Menggambarkan interaksi antar tokoh e.
Memperkuat latar tempat
c. Menyampaikan amanat secara langsung
39.
Dalam jenis cerpen realis, cerita biasanya:
a. Berdasarkan fakta ilmiah d.
Berisi konflik besar
b. Mengandung unsur fantasi e.
Mengambil latar masa depan
c. Menggambarkan kejadian seharihari
40. Dalam
pembelajaran sastra, cerpen dapat membantu siswa dalam hal berikut, kecuali:
a. Mengembangkan empati d.
Meningkatkan keterampilan faktual
b. Menguatkan daya imajinasi e.
Meningkatkan kemampuan berpikir kritis
c. Memahami nilai moral
Komentar
Posting Komentar